Insertion workshop bersama Denny Rhangie Phang dan Eko Priharseno

Ini adalah kegiatan MAROS yang baru dapat diceritakan kembali sekarang -maaf ya- karena blog ini baru dapat diperbaharui selepas pindahan berlangsung… pindahan? Yup! MAROS sudah pindah tempat, ke mana dan bagaimananya, abis ini aja ya…!

Agenda insertion workshop ini memang sudah direncanakan untuk menjadi bagian dari kegiatan jenjang menengah, dimana keduanya dilakukan di waktu dan tempat yang terpisah.

 

 

Workshop marker bersama Denny Rhangie Phang

Denny “Opa”

Grogol, 27 Mei 2007

 

Workshop yang diadakan di bilangan Grogol ini mulai dihadiri oleh para peserta selepas jam makan siang dengan Denny Rhangie Phang a.k.a Opa (begitu kami menyebutnya) sebagai instruktur. Karya-karyanya membuat semua yang hadir kagum, wajah tokoh-tokoh seperti John Lennon, Marilyn Monroe dan David Bowie menjadi objek eksplorasinya, ‘Intinya adalah ‘merusak’ gambar dengan dikendalikan!’, begitu kata Opa.

peserta maros berkaryapeserta maros berkarya2
Setelah diberi penjelasan, para peserta mulai berkarya. Teknik-teknik yang telah diajarkan seperti marker yang diberi air, ditutup kertas koran sampai disiram kopi langsung dipraktekkan. Efek yang dihasilkan adalah ‘kejutan’, memang tidak terduga sebelumnya, hal ini karena tinta marker akan bereaksi ketika diberi air -akan terurai menjadi beberapa warna- atau kopi -menghasilkan warna yang mendekati warna kulit manusia-. Hal yang menarik adalah teknik-teknik tersebut ditemukan oleh Opa secara tidak sengaja (baca: kecelakaan). Beberapa peserta yang merasa belum dapat ‘merusak dengan mengendalikan’ terus mencoba sampai mendapatkan hasil (yang tak terduga) yang diinginkan.

karya akikarya vivikarya buyung

Workshop berlangsung sampai pukul 5 sore, di saat karya-karya sedang didokumentasikan dan kami pun membubarkan diri setelah itu. Sampai ketemu seminggu lagi ya!

 

 

Workshop stensil bersama Eko Priharseno

mas eko
Kemang Utara, Minggu, 3 Juni 2007

 

Kali ini di daerah Kemang Utara, para peserta MAROS berencana untuk bertemu dan berkarya dengan teknik stensil.

Sebelumnya, kami diberi penjelasan dan contoh oleh Eko Priharseno – instruktur, mulai dari prinsip teknik stensil yang menggunakan mal (bidang cetak) yang terdiri dari beberapa lapis sampai dengan cara menggunakan cat semprot / pylox.

semprotmembuat mal

(‘YOUR OWN CHARACTER’ adalah tema karya para peserta, mereka menciptakan karakter yang kemudian dibuat illustrasinya dengan teknik stensil. Mulai dari menggambar karakter, membuat mal sampai menggunakan pylox, semuanya dilakukan untuk berkarya di hari Minggu siang itu. Beberapa peserta ada yang sudah terbiasa berkarya dengan teknik ini. Di sela-sela membimbing para peserta, Eko dan Adikara -ketua komunitas MAROS- juga sempat berkarya yang hasilnya kemudian dipajang di tempat workshop.

Di akhir kegiatan, Eko merasa puas dengan hasil workshop hari itu, ‘Karya-karya lo gokil!’.

karya stensil buyungkarya widikarya fuad
Acara hari itu ditutup selepas briefing tentang kepindahan MAROS. Yup! Sampai jumpa di tempat yang baru! Dan di kegiatan-kegiatan yang akan datang!

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: