DIJAMIN ASELI: Karena Identitas itu Penting!

wow

karya buyungkarya chia

karya dhikakarya puputkarya nutcil

Aedi Shop, Kemang Utara
Minggu, 15 Juli 2007

Empat jam menjelang pembukaan pameran, kami sedang melakukan persiapan untuk memastikan semuanya berjalan lancar, karya2 yang dipajang dan name tagnya, mengingatkan peserta supaya tidak datang terlambat untuk kelas diskusi sore itu, konsumsi, brosur, spanduk, yup, semuanya kelihatan baik-baik saja.

Pukul 16.15 WIB, kelas diskusi dimulai dengan pembicara Bp. Idham Setiadi, tema yang diangkat adalah identitas -mengenai proses pembentukannya yang harus dipikirkan, dikerjakan dan memang membutuhkan waktu untuk disadari-. Dalam berkarya, proses itu butuh kekonsistenan, membuka diri dan peka terhadap persoalan di sekeliling kita.

idham b setiadi

DIJAMIN ASELI memang mengangkat persoalan identitas, tema yang dipandang penting -bagi komunitas MAROS- untuk dipahami karena tidak cukup hanya dibicarakan tapi perlu disajikan -untuk dibaca, secara visual-. Identitas jadi awal untuk membentuk otentisitas, kreativitas, menentukan pilihan hingga masuk ke wilayah industri. Walaupun proses mengenal dan sadar identitas akan menghadapi kesulitan dan ketegangan, MAROS mencoba untuk mulai belajar.

Rasanya, menggarap cultural issue sebagai penutup rangkaian workshop jenjang menengah adalah saat yang tepat, setelah melewati jenjang dasar dengan fokus penguatan skill dasar, intuisi dan logika. Output yang dihasilkan tentu tetap dikaitkan pada persepsi individual yang subjektif, yang menjadi kekuatan karya illustrasi yang dapat disikapi dengan kebaruan, cair – dengan ragam eksperimen teknik dan media.

Bagi para peserta, kegiatan pajang karya ini adalah awal untuk berinteraksi secara terbuka dan langsung dengan publik dalam hal ide, skill, dan kapasitas personalnya.
DIJAMIN ASELI sendiri jadi pertanggung jawaban dari kemajuan sebuah proses pembelajaran, dalam hal ini illustrasi, dengan kepentingan sebagai alat pesan dan sebagai tujuan.

DIJAMIN ASELI, pajang karya illustrasi ke-2 untuk komunitas MAROS ini berlangsung dari tanggal 15 – 22 Juli 2007 di Aedi Shop, Kemang Utara.
Eko Priharseno, pemilik toko -yang berprofesi sebagai pelukis, illustrator, desainer dan DJ- mulai memprakarsai kegiatan pameran di tempatnya sejak tahun 2006.
NOT clothing milik Eko juga mendukung kegiatan ini.
aedi

Advertisements

One Response to “DIJAMIN ASELI: Karena Identitas itu Penting!”

  1. marumpa Says:

    Saya ketipu ama maros. Saya pikir kabupaten maros yang di Sulawawei sana. he he. Mantap. maju terus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: